Bangkok. Ibu kota Thailand yang sesungguhnya bernama Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit ini memiliki sejuta pesona. Sepanjang namanya yang kemudian disingkat Krung Thep oleh masyarakat setempat. Yang berarti ‘City of Angels.’ Salah satu daya tariknya yang takkan dimungkiri oleh semua orang adalah kuliner.

Kuliner Thailand memang begitu kaya. Mulai dari hidangan tradisional penuh bumbu, hidangan laut nan segar, hingga hidangan pencuci mulut kaya buah. Pada perjalanan Women’s Journey beberapa waktu lalu ke Bangkok bersama Tourism Authority Thailand, saya dan kawan-kawan berkesempatan menjajal cita rasa kuliner Thailand yang dijamin menghancurkan rencana diet.

Karena itu, demi meyakinkan kalian akan kenikmatan kuliner Thailand, berikut ini daftar 4 restoran dan kafe favorit saya di Bangkok.

1. Ko Dang Talay

kuliner thailand



Restoran yang menyajikan hidangan laut ini berada di kawasan wisata pinggir sungai Asiatique. Interiornya yang bernuansa kapal laut ini cocok didatangi saat makan malam supaya kita sekaligus bisa menikmati pemandangan bianglala raksasa bermandi cayaha neon.

Lalu, apa saja yang wajib dipesan di sini? Banyak! Untuk penyuka seafood, jangan lewatkan White Seabass Charcoal Grilled with Salted Crust, ikan kakap putih yang dibakar dengan baluran garam renyah. Sangat nikmat dicocol sambal. Favorit saya tentunya Crab Curry, kepiting bakau yang ditumis bumbu kari kuning. Saking enaknya, menu ini langsung ludes disikat! Crispy Thai Oyster Omelette dan Prawn Fried with Mung Bean Glass Noodles.

kuliner thailand
White Seabass Charcoal Grilled with Salted Crust
kuliner thailand
Crab Curry
kuliner thailand
Crispy Thai Osyter Omelette
kuliner thailand
Prawn Fried with Mung Bean Glass Noodles

Pertama kalinya juga saya mencoba Oyster segar, yang ternyata rasanya mirip agar-agar manis. Enak banget! Untuk Tom Yam Goong, menurut saya di sini salah satu yang terbaik. Jangan lupakan juga kesegaran Thai Tea-nya, ya!

kuliner thailand
Fresh Oyster
kuliner thailand
Thai Tea

Ko Dang Talay – Asiatique The Riverfront (Warehouse 7), Bang Kho Laem, Bangkok 10120. Telp: +66 2 108 4498.

2. MK Restaurant

Rerstoran yang menyajikan hidangan sukiyaki ala Thailand ini memiliki banyak cabang di Bangkok, salah satunya di Esplanade Shopping Mall. Sama seperti restoran sukiyaki umumnya, kita bisa memesan berbagai hidangan laut segar untuk direbus. Tapi, yang spesial adalah sambal atau sausnya tentu khas Thailand. Katanya, sih, ini termasuk restoran yang cukup terjangkau harganya. Dan jangan lupa juga memesan menu Bebek Peking!

kuliner thailand
Mari kita makan!

MK Restaurant – 99 Ratchadaphisek Rd, Khwaeng Din Daeng, Khet Din Daeng, Bangkok 10400.

3. Mango Tango

kuliner thailand

Kafe bertema mangga ini berada di area Siam Square, tapi ada juga dua cabang lain di lokasi berbeda. Saat kami berkunjung sore-sore, kafe ini penuh sekali. Kami hampir tidak kebagian tempat, duduk di ujung belakang. Interiornya sangat kekinian, dengan tema industrial yang didominasi tembok bata.

Menu andalan di sini tentunya Mango Sticky Rice, tapi lebih spesial karena disajikan dengan es krim mangga dan puding mangga yang lembut sekali. Es krimnya juga sangat nikmat dipadukan dengan ketannya.

kuliner thailand
Es krim dan pudingnya top!

Mango Tango  ถนน พระราม 1 Pathum Wan Rama 1rd, Siam Square Soi 3, Pathum Wan, Bangkok 10330.

4. After You Durian Room

kuliner thailand

Kalau sudah puas mangga, saatnya beralih ke buah lain yang tak kalah populer di Thailand. Apalagi kalau bukan durian. Kafe ini tak pernah sepi, kalau ingin berkunjung mesti reservasi sebelumnya. Kalau tidak, siap-siap aja antre panjang. Sesuai slogannya, “There is always room for dessert,” kami pun tak bisa melahap semua hidangan manis dan menyegarkan di sini. Pokoknya pencinta durian wajib ke sini!

kuliner thailand
Durian Ice Cream!
kuliner thailand
Nutella Toast with Durian Ice Cream
kuliner thailand
Green Tea Ice Cream!

After You Durian Room –  991 อาคารสยามพารากอน Khwaeng Pathum Wan, Khet Pathum Wan, Bangkok 10330.