Tak terasa tahun 2017 sudah separuh terlewati. Beberapa kawan asyik bertualang ke pulau berpasir putih, memilih menikmati sinar matahari sepuasnya dan menyelam di lautan biru. Beberapa lagi bimbang antara memakai jaket atau tidak di tengah temperatur Eropa yang tak menentu. Saya sedang sibuk-sibuknya mengenang kembali perjalanan musim dingin lalu ke Iceland. Petualangan delapan hari yang penuh tantangan karena saya berada di wilayah paling dingin di ujung Utara bumi.

Dan karena ini bukanlah blog agraris yang membahas kultur jaringan di Iceland, saya baiknya membahas urusan baju-bajuan yang cocok untuk dipakai. Mengepak pakaian yang tepat guna memang penting untuk musim dingin, apalagi buat orang Indonesia yang sehari-hari boro-boro pakai mantel atau sarung tangan wol.

Terlebih, saya (dan Tama) biasanya memilih tas carrier ketimbang koper untuk perjalanan panjang. Nah, berikut pakaian yang saya rekomendasikan untuk Winter Trip Iceland selama seminggu pada suhu -5 hingga -15 derajat Celcius–tentunya yang bisa dipakai untuk bertualang di tengah hutan dan tetap gaya untuk jalan-jalan di kota dan makan malam di restoran fancy.

winter trip iceland
Winter Trip Iceland Essentials

Essentials

1. Knit Cap – pilih bahan wol yang tebal agar lebih hangat dan melindungi dari angin, bisa juga beli yang modelnya menutupi telinga. Uniqlo mengeluarkan versi Heattech yang dijamin menjaga kehangatan.

2. Chunky Scarf – berdasarkan pengalaman, syal wol model infinity (melingkar) lebih praktis karena tidak mudah lepas sehingga aman dari angin.

3. Gloves – bisa bahan wol atau kulit, ada juga yang Heattech.



4. Wool Socks – pilih bahan wol yang menyimpan panas, bisa sebetis atau sedengkul dipakai setelah stoking; ada juga yang Heattech.

5. Ear Muffs – pilih yang bulunya tebal, ini sangat bisa mencegah dingin yang biasa menyerang telinga.

6. Waterproof Bag – pilih berbahan tipis namun kuat dan nyaman dipakai, utamanya antiair karena salju yang menempel akan mencair dan bikin basah.




winter trip iceland
Kupluk wol melindungi dari hujan salju.
winter trip iceland
Mantel panjang juga bisa menghalau dingin.

Outerwear

7. Heavy Coat – sebaiknya pilih yang antiair dan memiliki lapisan polar atau bulu tebal. Pilih model yang kece dengan tudung berbulu tebal, semisal parka, biar tetap gaya walaupun lagi manjat-manjat bukit.

8. Stylish Coat – ini perlu banget kalau lagi jalan-jalan santai di kota, tetap hangat dan kece!

9. Poncho – untuk pengganti mantel atau jaket saat temperatur lagi hangat, bisa dipasangkan dengan jins dan leging untuk bergaya kasual.

10. Draped Cardigan – pilih model panjang dan tebal, bisa dipakai di bawah mantel untuk variasi gaya dan bisa juga dipakai saat cuaca lumayan hangat.

winter trip iceland
Pilih mantel yang bertudung bulu tebal untuk menghalau dingin.
winter trip iceland
Siapa bilang pakai poncho gak gaya?

Layers

11. Wool Sweater – semua orang pasti punya dan pilih wol yang tebal namun ringan. Iceland sebenarnya penghasil sweter wol paling kece sedunia dengan motif khasnya, tapi harganya bisa mencapai tiga juta untuk sepotong. Hiks.

12. Long Sleeve Layer – bisa berbahan wol tipis atau polar, bawa yang model dan warnanya monokrom, model turtleneck lebih bagus lagi. Bisa juga beli yang model Heattech karena lebih tipis dan praktis.

13. Sweater Dress – jangan cuma pakai celana, terusan juga bisa dipakai saat musim dingin, tinggal dipadu dengan stoking dan kaus kaki panjang serta sepatu bots.

14. Swimsuit – siapa bilang kalau lagi musim dingin pantang berenang? Di Iceland banyak mata air panas yang bisa didatangi untuk berendam menghangatkan diri, seperti Blue Lagoon dan Secret Lagoon. Jadi tinggal pakai baju renang atau bikini, deh.

Pants

15. Dark Denim – kenapa warna gelap? Supaya mudah dipadupadan dengan atasan berbagai warna. Lagian siapa yang pakai celana bunga-bunga saat musim dingin?

16. Fleece Legging – bisa dipakai sebagai dalaman celana panjang, bisa juga dipakai sendiri dengan sweter panjang atau kardigan. Ada juga yang model Heattech.

17. Stockings – bisa dipakai juga sebagai dalaman celana panjang atau dipadu dengan terusan, stoking jangan sampai ketinggalan! Pilih bahan yang tebal seperti kaus kaki, ada juga yang model menyimpan panas, saya pernah lihat di Primark London.

winter trip iceland
Boleh saja pakai baju warna terang supaya menonjol saat difoto.
winter trip iceland
Sepatu bots kulit andalan!

Shoes

18. Winter Boots – biasanya sudah pasti antiair dan hangat serta nyaman dipakai untuk berjalan lama-lama di salju. Kalau ingin lebih aman dan tidak kemasukan salju, pilih model yang lebih tinggi hingga sebetis.

Extra!

19. Rain Coat – walaupun sudah bawa jaket antiair, kalau tas masih ada ruang, bolehlah bawa jas hujan. Ini bisa dipakai saat main ke berbagai air terjun di Iceland, yang dijamin bikin basah kuyup. Pilih warna terang seperti kuning agar saat difoto terlihat mencolok di antara latar yang monoton.

winter trip iceland
Tukang foto di Iceland.

Kira-kira itulah daftar barang bawaan esensial untuk trip musim dingin, masih sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana perjalanan masing-masing. Kalau misalnya ingin main ski, mungkin bisa membawa jaket dan celana ski; kalau tidak bisa juga menyewa di tempat ski, lebih praktis dan tidak membebani bagasi. Jangan lupakan juga kacamata hitam karena saat terkena sinar matahari, salju bisa sangat menyilaukan.

Lalu untuk laki-laki bagaimana? Ya, pada prinsipnya sama saja daftarnya, bedanya laki-laki tidak pakai terusan dan stoking, bukan? Untuk menghangatkan kaki bisa juga membawa long john atau leging Heattech (ada khusus laki-laki) yang bisa dibeli Uniqlo.

Untuk menyiasati sweter wol yang tebal, saya memakai plastik vakum untuk mengepak pakaian lalu udaranya dikeluarkan agar isinya pampat dan tidak makan tempat di dalam tas (ada juga yang mempraktikkan cara ini?).

Kalau kalian punya barang bawaan tertentu yang tak pernah ketinggalan saat trip musim dingin? Atau barangkali berminat juga untuk merancang Winter Trip Iceland?