Singapura adalah negara tetangga yang begitu dekat dengan Indonesia. Dari Pulau Batam tinggal menyeberang selama satu jam dengan feri. Dari Jakarta penerbangan tak sampai dua jam. Pun, jarak yang cuma sejengkal tersebut bukan berarti mempermudah komunikasi seluler antara kedua negara.

Tetap saja operator seluler yang kita pakai akan berulah di sana. Kena roaming dan harus mengeluarkan biaya komunikasi dan Internet yang lebih tinggi. Karena itu, tiap bepergian ke luar negeri saya biasanya mematikan jaringan data dan memanfaatkan Wi-Fi lokal. Kadang, saat ada dana lebih, saya ikhlaskan menyewa modem atau membeli SIM Card. Tapi, itu pun lumayan mengesalkan karena paket datanya jauh lebih mahal.

Bayangkan, di Islandia saya harus membayar sekitar empat ratus ribu rupiah untuk 2 GB data.

Belajar dari pengalaman di Islandia, sehari sebelum terbang ke Singapura untuk menyaksikan konser grup musik idaman saya, Coldplay, di National Stadium, Singapura, Tama merekomendasikan XL Pass. Dia pernah memakainya saat terbang ke Penang untuk urusan pekerjaan.



xl pass coldplay
Demi kamu, Mas…

Lalu apakah XL Pass itu? XL Pass adalah salah satu produk turunan dari XL Easy Roaming, layanan Internet bagi pengguna XL Prabayar yang berada di luar negeri. Dua produk lainnya adalah Roaming Combo dan XL Umroh. Dengan layanan ini kita bisa mengakses Internet, menelepon, dan berkirim SMS tanpa perlu ganti kartu.

“Dengan biaya seratus lima puluh ribu, kita bisa mengaktifkan XL Pass di luar negeri,” jelas Tama.

“Terus seratus lima puluh ribu dapat berapa giga?” tanya saya sebagai pengguna baru yang polos.

“Kuotanya sesuai yang kita miliki di sini,” jawab Tama.

Saya langsung mengangguk penuh semangat. Hm, tak sabar rasanya menyaksikan konser Coldplay. Saya bisa bebas memotret dan merekam lalu memacaknya di media sosial. Ya, anggaplah beramal buat yang belum kesampaian menyaksikan langsung.
xl pass
Senang luar biasa!

Esoknya kami terbang ke Batam untuk menyeberang dengan feri ke Singapura. Apesnya, saat hendak mendarat cuaca tiba-tiba memburuk. Pesawat tak bisa turun, bahkan pilot menyampaikan apabila dalam tiga puluh menit cuaca tak berubah, penerbangan dialihkan ke Riau. Kami terancam ketinggalan feri dan konser Coldplay!

Saat mendiskusikan rencana cadangan, pesawat kembali berputar-putar dan ternyata mendarat di Batam pula. Begitu turun kami pontang-panting mencari taksi menuju Pelabuhan Batam Center. Kami berhasil mengejar feri dan tiba dengan selamat di Harbourfront Centre. Namun, saat melihat antrean imigrasi, jantung hampir copot lagi.

Semua perkiraan kami meleset. Karena sudah mengaktifkan XL Pass, saya segera memantau Twitter untuk melihat informasi mengenai konser. Ternyata, pintu masuk area konser sudah dibuka dan kawan-kawan sudah memajang foto mereka yang hiruk pikuk.

xl pass coldplay
Konser yang spektakuler

xl pass coldplay

xl pass coldplayxl pass coldplay

Untunglah, pada saat-saat menegangkan seperti itu saya bisa mengakses Internet untuk mengecek informasi. Setelah berhasil lolos dari imigrasi, Tama buru-buru mencari informasi MRT menuju National Stadium. Kami tiba di sana tepat satu jam sebelum Coldplay mengentak puluhan ribu penonton dengan lagu “A Head Full of Dreams.”

Dua jam berikutnya bagaikan mimpi indah. Kami tersihir oleh penampilan Coldplay yang menakjubkan, aksi panggung, dan dekorasi yang spektakuler. Semua sungguh berkesan. Saya tak berhenti melompat-lompat sepanjang konser, apalagi saat tiga lagu terakhir dimainkan, “Something Just Like This,” “A Sky Full of Stars,” dan “Up & Up.”  Dengkul terbentur kursi stadion pun saya abaikan.

xl pass coldplay
Terima kasih, Coldplay!

Pengalaman luar biasa ini didukung oleh XL Pass yang membantu kami mencari informasi dari pertama mendarat di Singapura hingga kembali lagi ke Tanah Air. Berikut kelebihan lainnya yang perlu kamu ketahui.

1. Tidak perlu ganti kartu dan bisa diaktifkan kapan saja

Tak perlu repot-repot mencari toko yang menjual SIM Card dan mengantre untuk diaktifkan. Tinggal aktifkan XL Pass ke *123*747# dan tunggu jaringan terhubung ke operator luar negeri yang bekerja sama dengan XL. Untuk Singapura operator yang bersangkutan adalah Starhub dan M1.

2. Tarif terjangkau

Bermodal Rp150.000,- kita bisa mengaktifkan XL Pass selama 3 hari. Kalau lebih dari 3 hari bagaimana? Lihat saja tabel di bawah. Kalau XL Pass sudah telanjur mati, tinggal daftar lagi. XL Pass bisa dipakai berkali-kali.

3. Menggunakan kuota dalam negeri

Tidak perlu beli kuota baru, gunakan saja kuota yang kamu miliki. Sebelum ke luar negeri, cek dulu sisa kuota untuk memastikan mencukupi kebutuhan. XL Pass dapat digunakan bagi pelanggan paket prabayar HotRod 24 Jam, HotRod PRIMA, dan XTRA Combo.

4. Akses “Youtube Tanpa Kuota” sepuasnya

Buat penggemar Youtube pasti bahagia luar biasa. Bisa nonton vlog jalan-jalan sampai parodi lagu. Yang penting, harus terdaftar dulu sebagai pelanggan paket XTRA Combo.

5. Dapat digunakan di 39 negara

Jangkauannya luas banget! Dengan sekali aktivasi, XL Pass dapat digunakan lintas benua. Dari Malaysia dan Singapura hingga Kongo dan Tanzania. Daftar negara yang bekerja sama dengan XL Pass bisa dilihat di sini.

6. Sinyal aman sentosa

Karena bekerja sama dengan operator lokal, dijamin sinyal Internet lancar jaya. Tersesat di luar negeri, buka saja Google Maps!

7. Pertama dan satu-satunya di Indonesia

Belum ada pesaing yang memiliki produk serupa untuk kemudahan akses Internet di luar negeri.

xl pass coldplay
Sampai jumpa lagi, Coldplay!

Ah, jadi berikutnya nonton konser apa lagi, ya?

Photos: me & @tamagraph