Bagi yang sering bolak-balik bertualang ke Eropa, tentunya sudah tahu bahwa visa Schengen wajib dimiliki. Dan, visa Schengen terbagi dua jenis, yang pertama saya sebut visa Schengen Eropa Daratan (berlaku di 22 negara Uni Eropa dan 4 negara Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa) dan satu lagi, visa Schengen Inggris, yang hanya berlaku di Inggris; mencakup Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Namun, ada beberapa yang mungkin masih bingung dengan visa Iceland, negeri bangsa Nordik yang berada di bawah Kutub Utara. Mudah saja, visa Schengen Eropa Daratan (selanjutnya disebut visa Schengen saja) yang dibuat di kedubes Eropa mana pun berlaku untuk Islandia, seperti Belanda, Prancis, atau Jerman. Tergantung di negara mana kita tiba pertama kali di Eropa.

Tadinya saya dan Tama ingin mengurus visa Schengen lewat Belanda atau Jerman, tapi karena mendadak kami mendapat tiket murah ke London, rencana berubah total. Ada dua visa yang mesti dibuat, yang juga berarti biayanya dobel. Setelah visa Schengen Inggris mendarat di tangan, kami buru-buru mengurus visa Iceland. Proses pembuatannya 9 hari, selesai 5 hari sebelum tanggal keberangkatan kami.

Di tengah urusan persiapan visa Iceland inilah kami memutuskan untuk mengurus izin masuk Faroe Islands, negeri kepulauan yang membuat kami resah apakah sempat dikunjungi. Sebab, jadwal penerbangan ke Faroe Islands dari Iceland terbilang sedikit, dan cukup mengobrak-abrik rencana perjalanan yang sudah tersusun rapi.

Tapi, ini adalah keputusan yang sangat kami syukuri. Faroe Islands benar-benar memikat hati.

Dan, karena kami sama sekali tidak menginjak Eropa Daratan, kami mesti mengajukan aplikasi visa ke Denmark, negara yang menaungi pengurusan visa Iceland, Faroe Islands, dan Greenland. Untuk Denmark, urusan ini diserahkan kepada pihak ketiga, yaitu VFS Global.

Berikut ini langkah-langkah mengurus visa Iceland dan Faroe Islands.



Persyaratan Dokumen

  • Paspor yang masih aktif, masa berlaku jangan kurang dari 6 bulan.
  • Fotokopi paspor bagian biodata (halaman 2) dan alamat (halaman 48).
  • Fotokopi halaman visa Schengen, visa Schengen Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia yang pernah didapat dalam kurun waktu 3 tahun belakangan (kalau ada).
  • Surat pernyataan sponsor atau undangan apabila perjalanan ini merupakan undangan pihak tertentu.
  • Rekening koran bank 3 bulan terakhir; usahakan saldo mencukupi untuk sepanjang perjalanan.
  • Fotokopi Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan Buku Nikah (jika sudah menikah).
  • Tiket penerbangan PP dari Jakarta hingga Islandia, dan juga PP ke Faroe Islands.
  • Bukti pemesanan hotel di Islandia dan Faroe Islands.
  • Bukti pembelian asuransi perjalanan, pilih yang berlaku untuk seluruh negara Schengen, berlaku sesuai lama perjalanan, dan memiliki tanggungan hingga 30.000 euro.
  • Pasfoto berwarna dengan latar belakang terang (bisa putih, biru, atau merah) dengan ukuran 3,5 x 4,5 cm (contohnya bisa dilihat di sini).
  • Formulir pengajuan visa yang sudah diisi lengkap, unduh dahulu di sini.
  • Formulir checklist attachment yang tak perlu diisi, nantinya diisi oleh petugas; unduh di sini.
visa iceland
Poin 22 harus diisi Faroe Islands untuk mendapat izin masuknya

Biaya Pembuatan Visa
Biaya pembuatan visa Schengen per bulan Februari 2017 untuk orang dewasa adalah Rp900.000 dan anak-anak usia 6-12 tahun adalah Rp550.000–anak di bawah 6 tahun tidak dikenakan biaya. Sementara, biaya logistic fee atau administrasi adalah Rp260.000. Jadi, biaya yang saya bayarkan adalan Rp1.160.000.

Ada juga biaya SMS untuk mendapat laporan pemrosesan visa Schengen–apakah sudah diproses atau sudah selesai dibuat–seharga Rp25.000, boleh diambil boleh tidak.




Alamat Pengajuan Visa
Kantor VFS Global untuk Denmark berada di Kuningan City Mall Lantai 1, Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Jakarta Selatan 12940. Pengajuan visa bisa dilakukan pada pukul 08.00-12.00 WIB dan 13.00-15.00 WIB pada hari kerja (Senin-Jumat). Pengambilan visa pukul  08.00-12.00 WIB dan 13.00-16.00 WIB juga pada hari kerja.

So, selamat mengurus visa Iceland dan Faroe Islands!

ohelterskelter.com faroe islands
Serunya road trip di Faroe Islands!