Siapa bilang mengurus Visa Jepang itu sulit? Mudah saja asalkan semua syarat Visa Jepang dipenuhi olehmu.

Saya pun awalnya mengira bikin visa Jepang itu sulit. Sebab, negara Jepang terkenal ketat dan taat peraturan, apalagi dengan adanya kasus deportasi baru-baru ini yang menimpa turis Indonesia yang berkunjung ke Jepang. Turis yang dideportasi setelah menjalani pengecekan acak dengan wawancara konon adalah pemegang paspor elektronik yang memiliki keuntungan dapat memasuki Jepang tanpa mengurus visa. Namun, apabila kamu ingin membuat visa Jepang pun sebenarnya mudah saja.

Nah, sejak tanggal 15 September 2017 Pusat Aplikasi Visa Jepang dialihkan kepada VFS Global yang beralamat di Lotte Shopping Avenue Lantai 4, Jalan Prof. Dr. Satrio No. 3-5, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12940. Buka pukul 09.00-17.00 WIB. Jangan datang ke kantor Kedubes yang di depan Plaza Indonesia lagi, ya.

Berikut Langkah-langkah dan Syarat Visa Jepang bagi Pemegang Paspor Biasa:

  1. Unduh formulir aplikasi visa di sini dan isi dengan lengkap.

  2. Buat janji temu secara online di sini cetak surat konfirmasi atau simpan surat konfirmasi di ponsel.
  3. Siapkan dokumen yang dibutuhkan dan datanglah ke Pusat Aplikasi Visa Jepang di Lotte Shopping Avenue sesuai jadwal janji temu.
  4. Setelah mengajukan aplikasi visa Jepang, kita bisa mengecek statusnya secara online di sini dengan memasukkan Nomor Referensi Aplikasi (nomor yang dimulai dengan “JAKA” yang diberikan saat mengajukan permohonan), Nama Belakang, dan Kode Verifikasi.

  5. Setelah visa Jepang selesai, paspor dapat diambil dengan membawa tanda terima asli yang diberikan saat pengajuan aplikasi dan menunjukkan KTP asli. Jika mengambilkan untuk orang lain harus membawa surat kuasa dilengkapi KTP yang bersangkutan. Paspor juga bisa dikirim dengan jasa kurir.

Berikut Dokumen-dokumen yang Harus Disiapkan:

    1. Paspor

Pastikan paspor kamu tidak seumur jagung alias sudah mau habis masa berlakunya. Jika ingin bepergian ke luar negeri, sesuai peraturan internasional, masa berlaku paspor tidak boleh kurang dari 6 bulan. Selain itu, paspor juga harus memiliki lebih dari 2 halaman kosong. Paspor lama juga harus disertakan.

    1. Formulir Aplikasi Visa

Isi dengan lengkap dan jujur dan tanda tangan harus sama dengan paspor.



    1. Pasfoto Terbaru Ukuran 4,5 x 4,5 cm

Pasfoto berwarna diambil dalam 6 bulan terakhir dengan latar belakang polos.

    1. Fotokopi KTP

Atau fotokopi kartu mahasiswa kalau masih kuliah.

    1. Surat Keterangan Karyawan dari Kantor

Kalau sudah bekerja, buatlah surat keterangan bahwa kamu memang karyawan di kantormu. Nantinya surat ini akan ditandatangani HRD atau Manajer. Isinya adalah tanggal kamu mulai menjadi karyawan, berapa lama liburan, dan bahwa kamu mampu membiayai liburan dengan dana sendiri. Buatlah dalam bahasa Inggris.




    1. Bukti Pemesanan Tiket Pesawat

Salah satu syarat Visa Jepang adalah harus punya tiket pergi-pulang destinasi yang dituju di Jepang.

    1. Jadwal Perjalanan selama di Jepang

Ini mudah. Formatnya bisa diunggah di sini. Isi jadwal perjalanan dengan simpel, misalnya hari pertama jalan-jalan di Shinjuku dan Shibuya, hari kedua Ginza dan Akihabara, hari ketiga Odaiba, dan seterusnya. Sertakan juga nama dan alamat penginapan selama di kota tersebut.

Berhubung diminta alamat penginapan, maka bukti pemesanan penginapan harus dilampirkan. Tipsnya, lebih baik cari laman yang menyediakan pemesanan tanpa bayar di muka atau tanpa biaya pembatalan. Baca baik-baik keterangan penginapan yang dipesan karena biasanya tiap penginapan memiliki peraturan masing-masing. Saya biasanya memesan di booking.com.

    1. Bukti Keuangan

Ini adalah syarat utama untuk menunjukkan kamu mampu membiayai perjalanan ke luar negeri. Cukup cetak rekening koran tabungan tiga bulan terakhir. Kalau bisa, dana dalam tabungan diamankan dulu. Jangan sampai terlihat mencurigakan tiba-tiba ada dana masuk dalam jumlah besar sekaligus. Ketahuan cuma minta kiriman dari orang lain biar tabungan terlihat besar.

Berikut Langkah-langkah dan Syarat Visa Jepang bagi Pemegang E-Paspor:

  1. Unduh formulir pendaftaran bebas visa di sini dan isi dengan lengkap.

  2. Buat janji temu secara online di sini dan cetak surat konfirmasi atau simpan surat konfirmasi di ponsel.
  3. Bawalah formulir dan e-paspor (paspor elektronik) ke Pusat Aplikasi Visa Jepang di Lotte Shopping Avenue sesuai jadwal janji temu.
  4. Proses registrasi diperkirakan membutuhkan dua hari dan setelah dicap stiker bebas visa, pemohon dapat melakukan perjalanan ke Jepang dengan durasi maksimal 15 hari dan dapat dipakai berulang kali selama masa berlaku 3 tahun atau mengikuti masa berlaku terpendek paspor tanpa perlu registrasi ulang.

  5. Bagi pemohon bebas visa yang tidak dikabulkan registrasinya diharapkan mengajukan visa Jepang seperti biasa.

Biaya Pengurusan Visa Jepang di VFS Global:

Bagi Pemegang Paspor Biasa:

  • Single Entry – Rp370.000,-
  • Multiple Entry – Rp740.000,-
  • Transit – Rp90.000,-
  • Administrasi – Rp155.000,-

Bagi Pemegang E-Paspor:

  • Administrasi – Rp115.000,-

Kira-kira begitulah syarat Visa Jepang yang harus dipenuhi jika ingin aplikasimu disetujui. Di laman VFS Global tidak dicantumkan secara lengkap dokumen yang perlu dibawa atau difotokopi, tetapi saya menduga dokumen yang diperlukan sama dengan pengajuan ke Kedubes Jepang seperti tahun-tahun sebelumnya.

Jika membutuhkan informasi lebih detail tentang syarat Visa Jepang, bisa juga membuka laman VFS Global, menghubungi nomor Layanan Informasi di 021-30418715, mengirim surat elektronik ke info.japanid@vfshelpline.com, ataupun datang langsung ke Pusat Aplikasi Visa Jepang (JVAC) di Lotte Shopping Avenue Lantai 4 di sebelah Cinema XXI.

syarat visa jepang
Siapa yang tak ingin melihat langsung Gunung Fuji?