Travel in Style: Sneakers

sneakers

Sneakers kini tak sekadar menjadi alas kaki penunjang aktivitas di luar ruangan ataupun olahraga. Sneakers juga dianggap sebagai fashion item yang tak kalah populer dari sepatu berhak tinggi bagi para perempuan. Tren memakai sneakers dalam berbagai aktivitas pun menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak jarang kita melihat orang Jakarta memakainya saat ke mal atau nongkrong di kafe.

Tren ini bisa dikatakan berawal dari beberapa kota mode terkenal di dunia, sebut saja Paris, Milan, New York, dan London. Para model dan selebriti ramai mengenakan sneakers ke mana-mana, mulai dari acara fashion bergengsi hingga makan malam mewah bersama kekasih. Sneakers bukan hanya menjadi teman nge-gym. Rihanna dan Kristen Stewart adalah contoh selebriti yang setia dengan sepatu olahraga.

Sebagai golongan yang tanggap tren, fashion blogger pun sibuk menciptakan gaya sendiri untuk memadukan busananya dengan sneakers—yang pada akhirnya menginspirasi kaum muda—laki-laki dan perempuan untuk memakainya. Sneakers Isabel Marant adalah salah satu yang menandai kembalinya tren sepatu olahraga. Selebriti dan masyarakat sangat menyukai sepatu bermodel high-cut yang laris-manis terjual di seluruh dunia ini.

***

Sneakers merupakan sebutan umum untuk sepatu olahraga, misalnya sepatu lari, sepatu tenis, sepatu basket, dan lain-lain. Konon, nama sneakers muncul pada tahun 1887 ketika surat kabar Boston Journal menyebut sepatu tenis untuk laki-laki sebagai sneakers. Kata sneakers mengacu pada sepatu olahraga bersol karet yang tak berbunyi saat menyentuh tanah sehingga pemakainya dapat mengendap-endap (sneak up), berbeda dengan sepatu biasa.

Kepopuleran sneakers semakin melejit karena merambah dunia high-fashion runways. Merek terkenal sepeti Chanel, Givenchy, dan Saint Laurent pun memproduksi sneakers yang sangat fashionable sekaligus berkelas. Beberapa merek olahraga, seperti Nike dan Adidas, berinovasi mengikuti perkembangan pasar dengan memproduksi sepatu olahraga yang lebih bergaya dan penuh warna. Bahkan, setiap bulan saya bisa melihat model baru dipajang di outlet Nike.

Saya sendiri, sejak masih SMA senang memakai sneakers. Favorit saya hingga kini tetaplah Chucks hitam, saya punya kedua versinya, low-cut dan high-cut. Semakin buluk sepatu saya, semakin senang saya memakainya.

Setelah lulus dan bekerja di perusahaan yang mewajibkan karyawannya mengenakan seragam setiap Senin dan Rabu, saya pun tetap setia memakai Chucks buluk saya.

Namun, dua tahun lalu saya mulai menjajal running shoes Nike karena senang dengan modelnya dan kenyamanan ekstranya. Waktu itu saya juga mulai aktif ikut maraton dan lari malam di Gelora Bung Karno. Sayangnya, saat ini berhenti karena terserang penyakit malas.

Akan tetapi, saya masih setia memakai running shoes dalam berbagai kesempatan. Bekerja, main ke mal, bahkan traveling.

Ya, sneakers juga merupakan alas kaki yang sangat nyaman untuk dijadikan teman traveling. Biasanya saya memakainya untuk wisata dalam kota (misalnya saat keliling Kota Lama di Semarang dan pecinan di Makassar) ataupun trekking ringan. Nah, kalau kalian biasanya suka pakai apa saat traveling?

Sneakers
Jalan-jalan sore di Kota Tua

sneakers

sneakers

 

Tips memakai sneakers

  • Selain gaya sporty, sneakers juga dapat dipakai untuk gaya feminin ataupun edgy apabila dipadukan dengan terusan atau rok. Untuk gaya lebih formal, bisa dipadukan dengan blazer.
  • Jika sneakers yang kamu pakai bermotif atau berwarna-warni, kenakan pakaian yang polos agar tidak menimbulkan kesan heboh dan berlebihan.
  • Untuk traveling, pilih yang benar-benar nyaman, saya menyarankan running shoes karena biasanya sol dalamnya empuk dan bahannya tipis sehingga memungkinkan sirkulasi udara.
  • Jika tidak menyukai sneakers yang bertali, pakai jenis slip-on seperti yang dipopulerkan oleh Vans. Model ini juga tak kalah keren.

sneakers

Sneakers
Salah satu gedung peninggalan Belanda di Kota Tua
Sneakers
Salah satu sisi di Kota Tua

P.S. Kalau tidak sempat ke mal atau toko olahraga, kamu juga bisa mengintip koleksi Nike favoritmu serta running shoes lainnya di Zalora, lho!

 

Wearing: shirt – Uniqlo, skirt – Stradivarius, sneakers – Nike TR Fit 3 Print

Location: Toko Merah, Kota Tua

Photos: me@tamagraph

17 Comment

  1. Nedika adityo says: Reply

    Merek League juga oke tuh mba. Haha wah Chucks yang bertali sampe diinjek bagian belakangnya sampe ga berbentuk dulu legend tuh mba. Haha

    1. iyaaa, betul. hahaha…
      atau converse yg belakangnya diinjek jadi kayak pakai selop pernah gak? 😛

      1. Nedika Adityo says: Reply

        hahaha pernah dong mba! itu nyaman parah ya mba! eh karna itu, malah ada model converse yang begitu ya mba.

        1. iya, yang bagian tumitnya kebuka. tren banget itu! hahaha!

  2. JIYEHHHHHHH~

    Aku mau cari sneakers nih beb, temenin dong!

    1. siap, aku juga dibeliin, yak! 😛

    2. tya says: Reply

      Info menarik,sepertinya saya yg baru tahu bentuk sepatu sneakers hehe

  3. Saya juga penyuka sneaker. Paling asik traveling bareng sneaker bertali.

    1. setuju setuju! :)

  4. ampe skr sih sneakers rutin aku pake cuma kalo mw jogging Ki. Jalan ke mall ato tempet2 lain ttp setia ama wedges ;p .. Travelingpun lbh suka sepatu sendal :D.. walopun emg nyaman dipake, tp nth kenapa ga betah pake sepatu tertutup dlm waktu lama …

    1. cari yang bahannya tipis dan tembus udara jadi adem, kalau sepatuku ini malah gak perlu kaos kaki tetep enak dipake empuk banget. :)

  5. vira says: Reply

    baru tau asal terjadinya istilah sneakers

    1. hihihi, aku juga. 😛

      besok-besok mau sneaking up ke Rasuna, aaah!

      1. Sneakers yang dipadukan dengan fashion yang pas dan serasi, sepertinya sudah menjadi hal yang biasa kita perhatikan disekitar kita.. terima kasih atas infonya.

  6. Kami menungu kolaborasi berikutnya antara Nona Yuki dan Pemuda Tama 😀

    1. kami siap menyambut Bung Teddy sebagai Art Director kami. :)

  7. mantaaap gan…

Leave a Reply

fourteen − fourteen =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>