“Where Luxurious Hospitality Meets the Nature.”

 

Kiranya tagline itu sangat tepat menggambarkan Hotel Puri Asri yang berlokasi di pusat Kota Magelang. Saya bersama adik dan ibu saya tiba di hotel berbintang lima ini sekitar pukul tujuh malam, cukup terlambat dari waktu check-in. Sebab, kami sebelumnya datang dari Yogyakarta dan sempat mampir ke Candi Borobudur.

Kami disambut bangunan lobi yang megah di depan hotel. Setelah mendapat kamar, seorang bellboy menaiki sepeda motor untuk menunjukkan jalan. Saya terkejut, ternyata kamar-kamar di Hotel Puri Asri terletak di bawah, tepatnya berada di sisi bukit yang menghadap Sungai Progo. Mobil kami pun meluncur.

Sebuah kamar Executive dengan twin bed mengundang hasrat untuk segera leyeh-leyeh, sementara di sebelah terdapat family room yang terdiri dari dua kamar dan ruang tamu yang luas. Satu keluarga besar dengan anak-anaknya yang masih cilik tampak asyik bercengkerama.

Saya ingin segera menonton televisi saat melihat LCD TV yang menghiasi dinding kamar–sudah lama rasanya tak menonton televisi. Namun, hal pertama yang biasa saya lakukan saat masuk kamar hotel adalah mengecek kamar mandi. Ada bathtub-nya! Saya pun langsung menyalakan air hangat dan berendam. Malamnya saya terlelap dengan nyaman. Lupa menonton televisi.

 



Room with a View

Paginya, saat duduk santai di teras kamar, saya terkagum-kagum dengan panorama sekitar. Dari balik pepohonan yang rimbun terlihat Gunung Sumbing yang perkasa, beserta deretan rumah di kaki gunungnya. Tak hanya itu, saya terkejut menyaksikan seekor Burung Merak yang bertengger di dahan yang sangat tinggi. Saya baru tahu kalau Merak bisa terbang setinggi itu. Sayangnya, tak sempat dipotret. Burung itu tinggal di area hotel ini dan dilindungi. Saya pun menikmati segarnya udara Magelang sambil menyesap kopi.

Gunung Sumbing dilihat dari depan kamar
Gunung Sumbing dilihat dari depan kamar
Tampak depan kamar kami
Tampak depan kamar kami
Suasana kamar Executive di Hotel Puri Asri
Suasana kamar Executive di Hotel Puri Asri
LCD TV dengan jaringan televisi kabel
LCD TV dengan jaringan televisi kabel

The Breakfast




Sarapan yang ditawarkan hotel yang memiliki 193 kamar ini sangat beragam, mulai dari makanan khas Indonesia hingga western. Saya pun mengambil semangkuk soto ayam, nasi pecel yang sangat nikmat, nasi goreng dengan berbagai lauk, dan jus jeruk. Namun, saya melihat botol-botol kuning di sebuah keranjang di sebelah hidangan nasi pecel. Ternyata, Hotel Puri Asri menyediakan jamu Kunyit Asam dan Beras Kencur. Saya pun memesan Beras Kencur, sesuai usia saya yang masih bau kencur, dan memilih tempat duduk di luar restoran.

Lagi-lagi, saya menikmati sarapan sambil ditemani pemandangan Gunung Sumbing dan sawah yang menghijau. Segar!

Suasana di Pringgodani Cafe di Hotel Puri Asri
Suasana pagi di restoran Hotel Puri Asri
Makan pagi ditemani pemandangan menakjubkan
Makan pagi ditemani pemandangan menakjubkan
Nasi Pecel dan Soto Ayam dengan Jamu Beras Kencur
Nasi Pecel dan Soto Ayam dengan Beras Kencur
Mami sedang memilih menu sarapan
Mami sedang memilih menu sarapan
Buat yang suka sarapan dengan roti
I want the toaster!

Full of Activities

Usai sarapan, kami kembali ke kamar dan menelepon operator untuk memanggil shuttle car. Kabarnya, Hotel Puri Asri menawarkan beragam aktivitas yang sangat menarik dan membuat tamunya enggan beranjak dari hotel. Mobil yang ditunggu pun datang, petugas hotel nan ramah mempersilakan kami naik. Pusat aktivitas berada di bagian paling bawah, melewati gedung pertemuan yang dapat disewa, lalu kolam renang, dan laguna yang dipenuhi Bunga Teratai.

Ibu saya langsung berlari menuju pinggir sungai. Ya, Hotel Puri Asri dilewati oleh Sungai Progo yang membelah Jawa Tengah. Hebatnya lagi, di sini tamu juga dapat melakukan arung jeram (rafting) sejauh 9,8 km, yang ditempuh selama kurang-lebih dua jam. Harganya cukup murah, Rp175.000/orang. Mobil dari hotel juga akan menjemput di titik akhir arung jeram. Tadinya kami ingin mencobanya, tetapi urung karena waktu yang terbatas.

Lantas, kami pun berkeliling melihat permainan apa saja yang bisa dicoba. Untuk anak-anak terdapat taman bermain yang lengkap. Anak dapat bermain sepeda, mendayung bebek-bebekan, bermain catur raksasa dan enggrang, dan lain-lain. Bagi orang dewasa, bisa pula berolahraga di pusat kebugaran atau bermain tenis meja, bulu tangkis, bola voli, bola basket, dan lain-lain. Tentu saja semuanya gratis bagi tamu Hotel Puri Asri.

Bagi penyuka aktivitas ekstrem, bisa mencoba Air Soft Gun dan Rafting yang dikelola oleh Progo Xventoure. Dijamin akan mengguncang adrenalin! Untuk menghapus lelah dan merelaksasi, kita juga dapat menikmati fasilitas spa yang tersedia di Hotel Puri Asri. Tubuh kembali segar dan siap melanjutkan liburan.

hotel puri asri magelang
Shuttle Car untuk berkeliling hotel
Suasana di tempat bermain yang santai karena tak terlalu ramai
Tempat yang cocok untuk duduk-duduk santai
Ayah dan anak yang asyik bermain enggrang
Ayah dan anak yang asyik bermain enggrang
Mejeng di papan catur raksasa
Mejeng di papan catur raksasa
Ya, we fight sometimes!
Yeah, we do fight sometimes!
Had so much fun!
Had so much fun!
Sepeda roda empat?
Sepeda roda empat?
Keluarga kurang piknik
Keluarga kurang piknik
Hewan berkeliaran adalah hal biasa di Hotel Puri Asri
Hewan berkeliaran adalah hal biasa di Hotel Puri Asri
Rerumputan di pinggir Sungai Progo yang sangat terawat
Rerumputan di pinggir Sungai Progo yang sangat terawat
Sepasang angsa di kolam di sisi sungai
Sepasang angsa di kolam di sisi sungai
Taman bunga teratai
Kolam Bunga Teratai
Serasa di Bali, ya?
Serasa di Bali
Terima kasih Hotel Puri Asri!
Mejeng bersama Mami di depan hotel

Tips

  • Hotel Puri Asri Magelang sangat cocok untuk tempat liburan bersama keluarga.
  • Saat menginap di sini, lebih baik tetap tinggal di hotel dan menikmati fasilitas yang ada karena semuanya lengkap dan menarik.
  • Bawalah sepatu atau baju olahraga jika ingin beraktivitas dengan nyaman. Jangan lupa pula baju renang.
  • Jika ingin rafting, lakukan pada pagi hari karena waktu yang dibutuhkan cukup lama.

 

Hotel Puri Asri Magelang – Jalan Cempaka No.9, Magelang, Jawa Tengah 56122. Telepon: 0293-365115. Email: info@puriasrihotel.com. Laman: www.puriasrihotel.com