Sesuai dengan slogannya, “A Romantic Island in the City”, Seoul Tower, yang pada tahun 2005 diresmikan menjadi N Seoul Tower atau lebih populer disebut Namsan Tower, memang terkenal sebagai tempat paling romantis di Seoul. Selain bisa memasang Gembok Cinta di lokasi yang memiliki pemandangan gunung dan kota yang sangat indah, pengunjung juga bisa menikmati berbagai atraksi wisata yang ada di Namsan Tower. Tinggal pilih, ingin berkunjung pada saat terang (pagi atau siang) atau menjelang senja dan malam hari. Tentunya sensasi pengalaman yang didapatkan akan erbeda.

Jika suka berjalan-jalan dan menikmati suasana pegunungan, datanglah pada pagi hari untuk trekking di Namsan Walking Trail. Kemudian, bisa rehat sejenak di Namsan Park dan mencicipi homemade burger yang terkenal di sana. Jika menginginkan suasana lebih romantis, datanglah menjelang senja untuk menyaksikan matahari terbenam bersama kekasih. Lanjutkan dengan makan malam spesial di restoran Prancis bernama n.GRILL di puncak menara (Tower 5F), yang menawarkan pemandangan Seoul yang semarak dengan lampu-lampunya. Sebelum datang ke restoran ini, pastikan sudah melakukan reservasi.

Kita juga bisa menikmati kelap-kelip tata lampu teknologi LED terbaru yang menghiasi Namsan Tower pada malam hari. Lampu yang berganti-ganti warna dan pattern ini disebut “Light Art” karena merupakan gabungan berbagai medium seni yang menciptakan sebuah tata lampu yang sangat cantik. Tak heran, dari dulu hingga sekarang, menara yang pada tahun 2008 memenangkan grand prize dari World Tower Federation atas inovasinya ini, selalu menjadi simbol kebanggaan Seoul.

namsan tower
N Seoul Tower or Namsan Tower

Nah, berikut ini daftar 5 tourist attractions yang wajib dikunjungi di Namsan Tower.

1. Roof Terrace – an Observatory with a View

Selain memasang Gembok Cinta, di sini kita bisa melihat panorama Seoul yang sangat menakjubkan. Nah, sebagai bagian dari kampanye menjaga kelestarian Gunung Namsan, setiap hari Rabu para anggota Green Team dari Namsan Tower akan membersihkan kunci-kunci yang dibuang pengunjung di area Gunung Namsan.

Menghabiskan petang dan menanti senja di sini pasti akan menjadi momen tak terlupakan. Pengunjung juga bisa mampir ke The Place Dining (Plaza 2F), sebuah restoran Italia yang terkenal dengan menu-menunya yang lezat.

namsan tower
Love Lock at Roof Terrace
namsan tower
Seoul City as seeing from the Roof Terrace

2. The Wishing Pond – Your Love will be Realized in the Wishing Pond

Ini adalah tourist atraction baru di Namsan Tower yang berada di lantai dua (Tower 2F). Di Kolam Permohonan ini, para pengunjung dapat melemparkan Heart Coin yang dipercaya akan mengabulkan keinginan atau pengharapan cintanya.

Sebagian dari koin yang terkumpul disumbangkan untuk pengembangan sekolah-sekolah remaja di China dan Asia Tenggara melalui CJ’s Donors Camp. Setelah melemparkan koin, cobalah bersantai di Sky Cafe untuk menyesap kopi sambil menikmati suasana. Jangan lupa pula mencoba Sky Restroom atau toilet yang didesain seperti negeri awan. Saya sudah mampir dan terkagum-kagum, ruangannya yang dikelilingi kaca—dengan bonus pemandangan fantastis—membuat kita betah berlama-lama. Konon, toilet lelaki lebih menarik lagi. Urinoirnya menghadap kaca sehingga terasa seakan-akan buang air kecil sambil melayang di atas langit.

namsan tower
The Wishing Pond at Namsan Tower (credit: Naver)
namsan tower
Heart Coin to be tossed to the Wishing Pond (credit: Naver)

 3. Digital Observatory – Best View of Seoul

Berada di lantai ketiga menara (Tower 3F), tempat ini menyajikan panorama Seoul dari 360°. Agar lebih puas, masukkan koin ke mesin teropong yang tersedia untuk menikmati detail-detail setiap sudut Seoul. Di sini juga terdapat fasilitas Audio Guide untuk pengunjung. Yang paling saya suka di sini adalah di setiap kaca terdapat nama-nama kota besar di seluruh dunia, beserta jaraknya dari tempat kita berpijak di Namsan Tower.

Jangan lupa mampir ke toko suvenir bernama THE BA:NG yang menjual berbagai suvenir bertema cinta, wisata, dan Namsan Tower. Saya pun membeli gantungan kunci warna-warni bergambar Namsan Tower dan pernak-pernik unik lainnya.

 

 4. Namsan Park – The Historical Park at Namsan Mountain

Taman ini sangat bersejarah karena dahulu pernah menjadi pusat pertahanan Korea. Pada masa Kerajaan Joseon (1392-1910), ibukota Korea dipindahkan ke Hanyang (sekarang Seoul) dan untuk melindungi kota dari serangan musuh, dibangunlah empat dinding kastil di Gunung Bukaksan, Inwangsan, Naksan, dan Namsan. Di puncak Namsan terdapat lima buah Bonghwadae (Beacon Mound) yang berguna untuk mengirimkan sinyal berita dari pemerintahan lokal ke pemerintahan pusat. Dari sini kita juga bisa menikmati panorama yang cantik. Pepohonan yang asri membuat acara duduk-duduk santai pun semakin menyenangkan.

Ada berbagai fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung, seperti kolam, pergola, air mancur, jam bunga, dan lain-lain. Untuk yang ingin berolahraga bisa memanfaatkan sarana kolam renang, lapangan tenis dan bisbol, area memanah, area roller skate, dan lapangan bulu tangkis. Fasilitas edukasi yang tersedia adalah perpustakaan, taman botani luar ruangan, An Jung-geun Memorial Hall, dan pusat budaya.

namsan tower
Palgakjeong (Octagonal Hall) at Namsan Park
namsan tower
Playing snow ball with my sister and her swollen lip 
namsan tower
Enjoying the cold breeze at Namsan Park

5. Namsan Walking Trail – Circular Walking Trail with Fantastic View

Area joging sepanjang tujuh kilometer yang melingkari Namsan Tower ini masih termasuk dalam area Namsan Park. Sepanjang tahun pengunjung dipersilakan menikmati agenda jalan santai di sini, pada musim apa pun. Barisan pohon pinus dan bebungaan dijamin akan menyegarkan mata dan pikiran. Area jalan ini juga mengantarkan pengunjung ke Seoul Fortress dan Bongsudae (Beacon Tower).

Menariknya, area pejalan kaki dilapisi oleh material penyerap gesekan, yang membuat pejalan kaki tetap merasa nyaman saat berjalan naik-turun gunung. Rute jalan di sini menghabiskan waktu dua hingga tiga jam dan di beberapa titik terdapat zona foto, yang menjadi petunjuk bagi pejalan untuk berhenti dan berfoto-foto ataupun sekadar menikmati pemandangan.

namsan tower
Snow on the dried grass
namsan tower
Can’t tell how much I love snow

P.S.: Untuk transportasi menuju Namsan Tower, bisa dicek di sini, sedangkan harga tiket masuk ada di sini.