Inspirasi Pelesir Akhir Pekan ke Resorts World Genting

Begitu mendarat di KLIA 2, beberapa pesan meluncur ke Instagram saya, isinya kurang-lebih, “Kak, bagi informasi wisata di Malaysia, dong, enaknya ke mana?” dan seterusnya. Bahkan, kaki belum menginjak keset bandara; saya dan kawan-kawan masih melipir ke NZ Curry House. Hal penting yang harus dilakukan begitu tiba di Malaysia, versi saya, adalah minum teh tarik dingin.

Sambil menyeruput teh dan menertawakan Wira yang salah ambil gelas, ia menyikat kopi tarik entah punya siapa; saya mengingat-ngingat sudah berapa kali ke Malaysia. Tahun 2011 saat transit ke Korea, 2013 transit ke Jepang, 2016 transit ke Jepang lagi, 2017 transit ke London, 2018 transit ke Korea dan Los Angeles…

Ya ampun, ternyata saya sama sekali tak pernah keluar dari bandara. Keterlaluan sekali. Untunglah kali ini saya mengiyakan undangan Resorts World Genting. Pecahlah telur, saya akan segera menjelajahi dataran tinggi di Malaysia.

Saya pun membalas pesan-pesan yang masuk dengan percaya diri, “main ke Genting saja, ini saya lagi jalan-jalan di sini.”

ohelterskelter.com resorts world genting
Pemandangan dari balkon kamar di Theme Park Hotel.
ohelterskelter.com resorts world genting
Main Taplak di lorong hotel.

Genting Highlands terkenal sebagai destinasi akhir pekan bagi masyarakat Malaysia, Singapura, dan tentunya Indonesia. Selain mudah dijangkau, berjarak dua jam dari bandara, Genting menawarkan nuansa pegunungan yang asri dan udara sejuk. Cocok sebagai pelarian orang perkotaan. Jelang sore, kabut turun menyelimuti gedung-gedung. Indah dan dramatis, juga bikin kaki kisut.

Wisata Genting dikelola oleh Resorts World Genting, sebuah resor yang menaungi beberapa hotel, pusat perbelanjaan, taman hiburan, dan kasino. Ia berada di puncak Gunung Ulu Kali (1.800 mdpl) yang membentang di antara Negara Bagian Pahang dan Selangor. Salah satu daya tarik Genting adalah gondola atau kereta gantung, yang melintasi langit yang lebih sering berkabut. Genting pun menjadi wisata andalan semua kalangan, tua dan muda.

Berikut ini atraksi-atraksi yang tak boleh dilewatkan di Resorts Word Genting.

1. Skytropolis Indoor Theme Park

ohelterskelter.com resorts world genting
Selamat datang di SkyAvenue Mall yang tak pernah sepi.

Sebenarnya saya bukan penggemar fanatik taman hiburan, tetapi tak bisa menolak kehebohan Skytropolis yang berada di SkyAvenue Mall. Taman ini tidak terlalu luas dan karena berbentuk persegi, kita bisa melihat seluruh wahana sekaligus, yang bikin makin penasaran karena teriakan pengunjung yang tiada henti.

Ada Super Glider (kereta luncur setinggi puluhan meter), Disco! (perahu ayun yang berputar 360 derajat), Power Surge (mobil-mobilan), dan komidi putar Royal Carousel. Wahana di sini terbagi tiga, yaitu Child Rides, Family Rides, dan Thrill Rides. Karena bingung mau menjajal yang mana, saya dan kawan-kawan memutuskan untuk saling menabrakkan diri dengan Power Surge, berfoto-foto di Royal Carousel, dan bersantai hingga pusing di Balloon Rock, wahana balon udara yang melayang hingga atap mal.

ohelterskelter.com resorts world genting
Gerai tiket yang kece.
ohelterskelter.com resorts world genting
Wahana Disco! yang paling berisik. 
ohelterskelter.com resorts world genting
Berburu wahana yang sepi antrean.

Kemudian, atraksi lain yang tak boleh dilewatkan adalah The VOID. Permainan Hyper-Reality ini menggabungkan karakter terkenal Hollywoood dengan kecanggihan teknologi dan efek multisensoris. Sebelum bermain, peserta diminta memakai kostum lengkap, rompi dengan ransel dan senapan, juga kacamata. Ransel ini sesuai sekali dengan pilihan permainan sore itu: Ghostbuster.

Seru sekali berburu hantu dengan kawan-kawan sendiri, saya setim dengan Kak Prue, Sefin, dan Mas Harris. Kami bertiga heboh menembaki hantu sambil menyusuri sebuah apartemen di New York. Belum puas, kami lanjut dengan permaianan yang lebih bombastis: Star Wars!

Saat bermain Star Wars, rasanya benar-benar memasuki pesawat luar angkasa dan berdiri di tepi reruntuhan bangunan yang menyeramkan sambil menahan serangan musuh. Kami berperan sebagai Stormtrooper. Asyiknya lagi, tiap kena tembakan rompi akan bergetar sehingga pertempuran semakin nyata. Wajib dicoba pokoknya!

ohelterskelter.com resorts world genting
Geng Carousel!

2. Ripley’s Believe it or Not! Adventureland

ohelterskelter.com resorts world genting
Kaos kaki bau bisa jadi obat demam? Percaya enggak?

Sesuai namanya, di Adventureland yang masih berada di SkyAvenue Mall, kita bisa melihat Ripley’s Believe it or Not! Odditorium, museum yang menyimpan berbagai bukti keanehan dan keajaiban di dunia. Kalau pernah menonton tayangan televisinya dulu, kira-kira semacam itulah isi museum ini.

Di sebelahnya, terdapat Jurassic Research Center, taman yang berisi berbagai figur spesies Dinosaurus. Uniknya, tiap figur Dinosaurus bisa mengeluarkan suara dan bergerak sesuai karakternya. Jadi, sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak yang senang dengan petualangan. Semula saya kira tempatnya kecil, ternyata masih terdapat laboratorium fosil dan ruang berisi replika tulang-belulang Dinosaurus yang pernah ditemukan.

Jika belum puas berfoto-foto, silakan menuju Alive Museum untuk menikmati latar foto empat dimensi.

ohelterskelter.com resorts world genting
Konon ini pakaian pengantin pasangan manusia terkecil di dunia.
ohelterskelter.com resorts world genting
Wow, Sefin jadi paling tinggi.
ohelterskelter.com resorts world genting
Sefin dan mulut T-Rex yang siap melahap.
ohelterskelter.com resorts world genting
Berlagak macam peneliti.
ohelterskelter.com resorts world genting
Taman interaktif ini cocok untuk keluarga yang membawa anak-anak.

Nah, yang paling saya jagokan adalah Zombie Outbreak, wahana rumah hantu (kali ini isinya zombi) yang harus disusuri sampai selesai. Ceritanya, ada wabah zombi di sebuah gedung dan kami harus menyelamatkan diri tanpa terpapar virus zombi. Makanya, jangan menyentuh zombi di sini, walaupun teriakan mereka yang mengejutkan bikin ingin nampol rasanya!

Zombie Outbreak lumayan bikin adrenalin meningkat. Ya, pikir saya sebelum mencoba zipline.

ohelterskelter.com resorts world genting
Tim Indonesia siap mengguncang Genting.
ohelterskelter.com resorts world genting
Sini kalau berani, mana zombinya?

3. Eagle Landing Zipline

ohelterskelter.com resorts world genting
Berani uji nyali di sini?

Namanya saja pendaratan elang, pantaslah zipline yang membentang sejauh 200 meter di puncak mal ini bikin dengkul gemetar. Peluncuran dimulai dari lantai 4 hingga area Skytropolis yang berada di lantai 1. Saat dilihat pertama kali tampak baik-baik saja, hingga saya memakai rompi peralatan lengkap dengan keamanan nomor satu dan melongok ke bawah.

Tiba-tiba panik menyerang karena jarak yag amat tinggi, berbeda dengan zipline di antara pepohonan yang saya coba di Chiang Mai. Sefin yang awalnya tidak berani naik malah tampak lebih tenang. Sungguh, kalian bisa melihat ekspresi panik saya di Instagram Story yang saya unggah. Terlebih, ada beberapa titik sambungan kabel zipline yang menimbulkan guncangan kuat. Luar biasa sensasinya, silakan coba sendiri.

ohelterskelter.com resorts world genting
Setinggi dan sejauh itu jaraknya!

4. Awana SkyWay

ohelterskelter.com resorts world genting
Panorama pagi yang mengagumkan.

Kali ketiga menjajal gondola atau kereta gantung, tak perlu jauh-jauh ke Jepang. Awana SkyWay adalah atraksi utama di Genting Highlands. Lagi-lagi kita akan menemukan SkyAvenue Station, gerbang udara Resorts World Genting, di SkyAvenue Mall. Hm, mal ini macam toserba, ya, karena lengkap sekali.

Rute Awana SkyWay melewati tiga stasiun, SkyAvenue, Chin Swee, dan Awana. Dengan kecematan enam meter per detik, perjalanan berlangsung sepuluh menit. Ya, memang terlalu sebentar. Padahal, ingin berlama-lama menikmati panorama yang menghijau, apalagi kalau menumpang gondola dengan lantai transparan.

Tiket Glass-floor Gondola hanya berharga 18 ringgit untuk pergi-pulang–diskon dari harga 50 ringgit. Ada 10 Glass-floor Gondola dari total 99 gondola yang beroperasi di Awana SkyWay, masing-masing dapat memuat 9 dan 10 penumpang.

Tujuan utama kami bangun pagi-pagi dan naik gondola adalah Chin Swee Caves Temple. Dari Chin Swee Station, kami menuruni beberapa eskalator, lebih praktis ketimbang melewati tangga yang terjal. Datanglah saat matahari terbit karena cahaya keemasan yang menyinari pagoda terlihat amat cantik.

ohelterskelter.com resorts world genting
Asyiknya naik Glass-floor Gondola.
ohelterskelter.com resorts world genting
Patung Lim Goh Tong di area kuil.
ohelterskelter.com resorts world genting
Pagoda Chin Swee yang tersohor.
ohelterskelter.com resorts world genting
Kuil yang berisi Patung QIngshui.

Chin Swee Caves Temple merupakan kuil Tao yang dibangun pada 1994 di lahan seluas 28 hektar yang didonasikan oleh Lim Goh Tong, pendiri Genting Group. Tak heran, di komplek ini terdapat Patung Buddha, pagoda delapan lantai, dan kuil-kuil kecil lainnya.  Di sini juga tersimpan Patung Qingshui, biksu yang dianggap sebagai dewa di Provinsi Fujian, Tiogkok. Konon ia dapat memanggil hujan dan mengusir roh jahat.

Panorama di sini amat cantik pada pagi hari, juga sepi pengunjung sehingga lebih leluasa berfoto dan berkeliling. Saya, Wira, dan Farchan kemudian membeli telur pindang yang direbus dengan daun teh, hangat dan sedap mengganjal perut yang tak sempat diisi. Kalau masih kurang, ada banyak camilan lain yang dijual, dan tentunya bisa juga mampir ke gerai Starbucks di sudut.

ohelterskelter.com resorts world genting
Patung Buddha raksasa di lembah Genting.

5. Food Galore

ohelterskelter.com resorts world genting
Makan besar di The Laughing Fish.

Selama tiga hari berada di Resorts World Genting, perut kami dimanjakan dengan beragam makanan. SkyAvenue Mall punya rentetan restoran berkelas, mulai dari Asia hingga Eropa. Hari pertama, santap siang diadakan di The Laughing Fish by Harry Ramsden, restoran Fish & Chips terkenal asal Inggris. Porsi ikannya besar sekali, mengingatkan pada porsi di Skotlandia.

Malamnya, dikerjai angin kencang dan dingin, kami diajak menyantap hidangan laut di High Line, lounge yang memiliki area terbuka menghadap lembah Genting yang berselimut kabut. Hari itu senja sama sekali tak unjuk diri. Masih ada beberapa tempat makan yang wajib disinggahi, seperti Medan Selera yang menyajikan menu halal dan Motorino, restoran Italia dengan piza kayu bakar andalannya.

ohelterskelter.com resorts world genting
Hidangan laut nan lezat di High Line.
ohelterskelter.com resorts world genting
Mi favorit di Medan Selera, rasanya mirip Mi Kangkung.
ohelterskelter.com resorts world genting
Pembuatan piza di Motorino.
ohelterskelter.com resorts world genting
Kamar yang unik di Theme Park Hotel.
ohelterskelter.com resorts world genting
Dilengkapi balkon yang luas.

Malam terakhir, kami disuguhi kehidupan malam di Zouk yang berada di lantai terbawah mal. Tentunya, karena kami anak baik-baik yang sudah (terlalu) matang, pilihan jatuh pada RedTail Karaoke. Lebih puas menyalurkan emosi melalui lagu dan bebas asap rokok. Terungkaplah lagu-lagu jadul kesukaan Kak Prue dan Sefin, juga lagu-lagu Indonesia pilihan Farchan. Saya menyemangati sebagai penyanyi dan penari latar, yang meloncat-loncat saat lagu “A Sky Full of Stars” melantun kencang.

Sungguh penutup yang menyenangkan, apalagi karena bisa menginap di Theme Park Hotel yang memiliki kamar ala apartemen kekinian dengan ranjang luas dan dinding bersketsa warna-warni. Jika berkunjung ke Genting Highlands, cobalah menginap di sini karena kondisinya lebih baru ketimbang hotel-hotel lain. Bagaimana, sudah siap merancang pelesir akhir pekan ke Resorts World Genting?

ohelterskelter.com resorts world genting
Sampai jumpa lagi, Genting!
Total
12
Shares

7 comments

  1. aiiiishhhh aku kangen gentiiiiing :D. dari zaman kuliah di Penang, aku seringnya lari ke Genting kalo lg libur semester Ki. Tapi dulu masih ada themeparknya yg skr lg renovasi ga selesai2 -_-. Wahana2 yg di outdoor themepark lbh menantang soalnya :p.

    sejak aku dgr lg renov itu makanya tiap balik ke malaysia g prnh lg ke Genting. planning sih nunggu themepark baru, tapi ntah kapan wkwkwkwkw. Ga nyangka sih kalo indoor nya ada wahana seru jugaaaa :D.

    1. halo Fanny, iyaaa, taman bermain yang di luar masih direnovasi, belum tahu kapan beresnya.
      aku baru pertama kali ini jalan-jalan di Malaysia, sebelumnya numpang transit terus, dan berikutnya ngincer mau ke Penang dan Ipoh, sih. 🙂

    1. halo Erny,
      iyaa ternyata di Malaysia juga asyik buat berlibur asalkan tau destinasi yang pas, hehehe…
      selamat berlibur ke Genting, ya. 🙂

  2. Akhir bulan kemarin mau mampir genting belum kesampaian. Karena jadwal busnya skrg terbatas dari KL central. Mudah2an next time bisa mampir ke Genting untuk dapat membeli barang bermerek dengan harga murah 😀

    1. halo mas sarif,

      makasih udah baca tulisan ini. amiiin, pokoknya harus cobain main ke Genting.
      seru, adem dan bisa naik gondola juga, kan. 🙂

Feel free to ask or to leave a comment...

%d bloggers like this: