5 Cara Seru Memanjakan Diri pada Akhir Tahun

Akhir tahun segera tiba, warga Jakarta mulai sibuk menyusun rencana untuk melewatkan malam pergantian tahun dengan paripurna. Ada yang berburu tiket promo ke Bali dan Lombok, ada yang merencanakan aktivitas seru seperti naik gunung atau kamping, ada juga yang hendak merogoh dompet yang dalam untuk pesta diskon besar-besaran pada akhir tahun.

Apa pun rencana kalian, semoga bisa dilewatkan bersama orang-orang terdekat dan terkasih. Namun, kalau masih bingung mau ngapain enaknya di Jakarta Tercinta pada akhir tahun dan butuh inspirasi atau ide, silakan terus membaca.

Berikut ini 5 cara seru memanjakan diri pada akhir tahun yang biasanya saya lakukan dan, mungkin saja, cocok untuk kalian para warga Jakarta.

1. Mengenali Indonesia di Museum

ohelterskelter.com akhir tahun
Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal sebagai Museum Fatahillah.

Mungkin banyak yang belum sadar, ada banyak sekali museum di Jakarta. Untuk memudahkan, mari kita bagi berdasarkan wilayah, dari Utara hingga Selatan.

Untuk Jakarta Utara, museum yang saya rekomendasikan adalah Museum Bahari. Terletak tak jauh dari wilayah Sunda Kelapa dan Kota Tua, Museum Bahari sudah direnovasi dengan baik dan memiliki koleksi yang unik, terutama berkaitan dengan budaya maritim di Indonesia. Tentu saja, arsitektur museumΒ  yang bertema kolonial cocok untuk berfoto-foto.

Jakarta Barat punya banyak museum menarik, seperti MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara), Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Mandiri, dan Museum Bank Indonesia.

Jakarta Pusat ada Museum Nasional atau Museum Gajah, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Taman Prasasti, dan sebagainya.

Untuk Jakarta Selatan ada Museum Layang-layang, Museum di Tengah Kebun, dan sebagainya.

ohelterskelter.com akhir tahun
Koleksi layang-layang di Museum Layang-layang.

2. Berburu Kuliner Istimewa

ohelterskelter.com akhir tahun
Suasana di Kopi Tak Kie

Kalau bicara kuliner, ada banyak sekali rekomendasi kuliner lezat di Jakrta. Namun, rekomendasi berikut berdasarkan favorit saya dan barangkali cocok juga di lidah kalian. Biasanya saya senang jajan di sekitar Glodok, antara lain karena ada Kopi Tak Kie, Gado-gado Direksi, dan Pempek Eirin 10 Ulu.

3. Mencari Bahan Bacaan Bagus

ohelterskelter.com akhir tahun

Nah, ada banyak cara untuk mencari bahan bacaan bagus untuk menyambut pergantian tahun, yang harapannya menambah khazanah baru untuk pikiran kita ke depannya. Kalian bisa saja mengunggah bacaan secara online, tetapi bakal lebih seru lagi kalau datang langsung ke toko buku.

Cobalah datang ke Toko Buku Post di Pasar Santa, pemiliknya adalah Teddy dan Maesy, kawan baik saya yang tentunya akan dengan senang hati memberikan masukan mengenai bacaan sesuai selera kalian. Buku yang ada di toko buku indie ini merupakan kurasi terbaik mereka, jadi kalian pasti mendapatkan rekomendasi unik dan menarik.

4. Merawat Diri dari Kepala hingga Kaki

ohelterskelter.com balayage
Ada yang suka gonta-ganti warna rambut?

Wah, kalau ini mungkin favorit bagi para perempuan. Namun, laki-laki juga boleh banget memanjakan diri dengan refleksi dan spa. Ada banyak tempat yang menawarkan servis terbaik di Jakarta, dan juga saya rekomendasikan Eska Wellness Spa.

Kalau ada yang mau mengubah warna rambut untuk menyambut tahun baru juga seru banget, bisa coba ke Smooch Beauty Bar.

5. Staycation di Hotel Kece

ohelterskelter.com akhir tahun
Salah satu hotel favorit di Jakarta.
ohelterskelter.com akhir tahun
Kamar favorit di Morrisey.
ohelterskelter.com akhir tahun
Penasaran, kan, sama kamar di Artotel Thamrin yang kece ini.

Mungkin ini yang paling dinanti para warga Jakarta, menikmati fasilitas dan bermanja-manja di hotel. Kalau ingin menikmati suasana lebih tenang, bisa mencari hotel yang tak terlalu besar dan mengajak orang terdekat saja, ataupun seorang diri juga tak masalah. Apabila ingin beramai-ramai, bisa juga mencari hotel yang mengadakan acara atau pesta pergantian tahun baru.

Rekomendasi saya, pilih hotel di sekitar Sarinah dan Menteng untuk menikmati suasana gempita di pusat Jakarta. Asyiknya lagi, semua kecerian di atas, mulai dari mencari tempat spa dan salon, hingga hotel-hotel kece, bisa ditemukan di Traveloka. Pemesanan praktis dan mudah, dan tentunya banyak promo spesial yang ditawarkan.

Bagaimana, masih bingung mau ngapain jelang akhir tahun?

Feel free to ask or to leave a comment...

%d bloggers like this: